Sunday 26 November 2017

हाइपर अनुग्रह एपीएटीयू फॉरेक्स


Belakangan ini, तर्जादि के अनुसार अंतराल कल्ंगन क्रिस्टन मेन्गेनई पेंजेरियन हाइपर ग्रेस, ऑरंग-ऑरंग यंग बारू पेंजेजर्न इनई यांग बेलोम पेर्नाह मेन्गर्टी पेंजेरियन इनी बर्सिकैप सोलह-ओलाह पैरा हाइपर ग्रेस इनी अडालह ओरंग यंग मेलेगक्केन सेगाला टिंडकन डोसा। किता मंगेलाल रसूल पॉलस, अदलाह सोरंग बापक कसीह करुनीया या पेंगजर ग्रेस सेजती, सैटेलह मेललुई पेल्बागै पेंगलममानी दारी पेंगुइन पेंगिकुट-पेंगिकुट क्रिस्टस सॅम्पई डेंगें मेनजदी पेंकोटबाह रेडिकल ग्रेस। एड्स बाईकन कीटा मेनटाहुइ इटू इटू ग्रेस कैशी करुनीया दलम ताओलोजी क्रिस्टन बरत कसीह कराुनिया टेलहे दिटापापान आज तक सेबगै जाट मेस्सीप्टकन अपपुन, टेटपी सेबागई कसिह और प्रकेचननान यांग डाइबरीकन केपेड़ा किता ओलेह बापा करना बाप्पा मेन्गिंगकन के बारे में कुछ भी नहीं मिला। ब्खन करना एप यांग टेलह किटा लुकुकन अप्रत मेणापत्तन हला तू टेटी करन यांग टेलहे टूहान हस लुकुकन बागी काता। Haleluyah। किनी सतना किता मेरुरुसकन अपा पेंडापट यांग सल्लाने और हाइपर ग्रेस मेनुरट ऑरंग यांग बेल्म तू ही हाइपर ग्रेस आईटीयू। मेन्यूरट मीका दीम ग्रेस कूट डिबिबेस्कन अन्टुक बेर्बूत डोसा। तापी एपा यांग रसुल पॉलुस कटकन दल के लिए रोमा 6: 1-12 6: 1 जीका डेमिकियान, अपाक यांग हेन्डेक कताकन बोलेखा कता बेरकेकुण दीम डोसा, सुप्या सेकिन बर्टम् कसा कैरुनिया इटू 6: 2 सेकली-काली टुडेक बुकानाक की तालाह माँ बोगी डोसा 6: 3 ईश्वर ने कहा था, "मैं तुमसे प्यार करता हूँ", और कहा था, 6: 4 डेमोनिक डेमिक्क के टेलि डेबियन को बपतिस्मा देने के लिए डेमोक्रेटिक पार्टी ऑफ द केमैटियन, सुयाया , सिमा सेपरटी क्रिस्टस टेलहे डिबेंककटन दारी एंटा ऑरंग मैले केमुलियान बापा, डेमिकियन जुगा किता अकाल हिडुप डेल हिप्पुप यांग बारू। 6: 5 सेब की जिन्दगी सेमा के लिए प्रार्थना करने के लिए आप के लिए प्रार्थना करते हैं-न्या, जो जुगों को पुरुषों के लिए प्रार्थना करने के लिए यांग के साथ-साथ काबुल-न्या। 6: 6 करीना की तैली, बहू मैनुसिया लामा किताह त्राट डिसलबिक्कन, सुयाया तोुहो दोस हितांग कूज्नन, अगर जगीन कति मेन्गंबकन दी लगी केपेड़ा डोसा। 6: 7 सेबै सीआप यांग टेलहे माती, ईया टेलहे बीस दारी डोसा। 6: 8 जीडी किता थाला मरते डेंगें क्रिस्टुस, कित्ता काकाया, बहू के लिए हिप्पू डांगें दीया। 6: 9 करेना कहानी तू, बाहु क्रिस्टुस, सेसूदा आईए बजटीत दारी अनंत यांग माती, आप मेरे माता-पिता हैं: मॉट टिडर बेकरुस लगी अस्स दीया। 6:10 सेब केमैटियन-न्या adalah kematian terhadap डोसा, satu kali और untuk salam-lamanya, और kehidupan-nya adalah kehidupan bagi अल्लाह 6:11 Demikianlah hendaknya कामू memandangnya: Bahwa कामू telah mati bagi डोसा, tetapi kamu hidup bagi अल्लाह दलाम क्रिस्टस हांसू एडा इलस्ट्रासी मेन्गेनई सोरंग राजा और सोंरंग पेनजहाट सोरंग पन्जहत यांग टेला मेन और यूज सीबैनिक कटकनालह 2 जूट रुपिया, दतांगकैप और डिबावा केपरा राजकुमार दीपली सपना राणा के मुकाबले केपूतसैन, शाहरुख खान के सदस्य के बारे में जानकारी के लिए 20 महीने पुराना है और वह अपने बच्चों के लिए तैयार हो गए हैं। लालू मेरुतुर सोबेट, अपकहाँ यांग अकाल दिलुकुण अपाकिया अया अकाल मेनक्यूरी लगी सेटलाह राजा सदस्यिका 20 मैकेनिकल केसा रास जवाबन्न्या पाती टीआईडीक डेमिकियन जुगा किता, यांग हिडप दी डाम कश्मीर करनिया टूहान, योकी हूस भेजरी यंग हिडप दी दीम किता और हिप्पड दी डालम दीया, मका किता तोता माता मृदा अप और देवता बापा। दलाम पेंजागार कश्यह करूना जुगा टिडक मेलारंग और पेंगुकून डोसा। बेडन्या, किता मन्गाकुई डोसा कीता देना इकुपन सिखुर, करीना डोसा की टेलि डायमपूनी, सेप्टी हिरण्य की मम्पुन्य 1 बच्ची की चाय के दास-डोसा और दास-दास के बारे में उन्होंने कहा था कि वह ईश्वर के देवता के दिल में से एक थे। सेबैगैमैन फ़िरमन टूहान द इब्रान 10:10 बर्कता बहवा। 10:10 दान करने कीहेदक-न्याल में क्या ताल्लुक है कि वह कली उछू सेलेम-लैमन्य ओलेह परम्भहन टुबु और दन तूहान हस क्रिस्टस। Haleluyah। दलाम इब्रानी 1: 6-7। रसूल पौलुस सेकरा टेगास मँगटाकन: 1: 6 अुकुअन, बहवा कामु जन्म से लेकास बार्बलिक दारी पडा दीया, यांग ओलेह कैशी करीनिया क्रिस्टस टेलहे मेमगगिल कामू, और माँगिंग सेटू इंजिल लैन, 1: 7 यांग सेबर्नर्न बुकान इन्जिल। हांगकांग में और भी कई जगहों पर कांग्रेसी और केजेवी न्या के बारे में जानकारी देते हैं। 1: 6 मुझे आश्चर्य है कि तुम इतनी जल्दी उस से दूर हो गए हैं जो मसीह की कृपा में तुम्हें एक और सुसमाचार के लिए बुलाया है: 1: 7 जो दूसरा नहीं है, लेकिन कुछ ऐसे हैं जो आपको परेशान करते हैं और मसीह के सुसमाचार को बिगाड़ते हैं। मुझे पता चला कि मैं क्या कर रहा हूं और मुझे बताइए कि आप कितने लोगों के साथ मिल रहे हैं। बिरिकट आलम तालेमेंग्नई हाइपर ग्रेस और मिश्रित अनुग्रह: डी, ​​यंग डायंबिल दारी बुक पॉल एलिस यांग बेर्जूदुल हाइपर ग्रेस गॉस्पेल टूहान हस सदस्य सदस्य था द टुलिसन-तुलीसन बेरिकुणन्या किता लेबिह मंगेलाल कसीह करुणिया (येसस) सेदिरी जेबीयू सबमेंगनाल पेंजेरियन हाइपर-ग्रेस (कसीह करुनाया यांग बर्लिबिहान) कराना अकाल आंकड़े वक्टनु, यांग की दपत लगी आम अग्रिम जागरण थी। टेटपी मीका अक्का मेन्गुंम्पुलान गुरु-गुरु मेरुट कीडेन्चना उक्ता मेमुस्कान केिंगिन टेलिन्जानिया। (द्वितीय टिम 4: 3) काशी करूनिया (अनुगेरह) मैनुसिया यांग सेहोरसन बिनसा करना डोसा, अल्लाह मेगरुनीकन अनक-न्या यांग तुंगल सेबगई कोर्बन पेनगापस डोसा दी एट्स क्यू सलीब। पेंडामियान मंगालीर दारी हति अल्लाह प्रेषी यंग पेनह काशीह करीना ने बसे कश्मीर अल्लाह अचना डूनिया इनी में, शिंगग आईए टेलहे मेगरुनीकन अनक-न्या यांग तुंगल, सुपया सेटिआप ऑरंग यंग परकाया केपड़ा-न्या, टिडक बिनसा, मेलेनकन बिरोले हिप्पुप यांग केक। (याह 3:16) केसलमतन बोकन दरी हसील या कमब्यूटन मैनुसिया। केसेलमतन अदालत बानार-बानार कश्यह करुनीअनुगेरह अल्लाह, इनिसाइटीफ अल्लाह दन करारा अल्लाह प्रेषी यांग डाइबिरिकान केपेडा मनुसीया सहारा सह-सीमा। Kasih Karunia (अनुग्रह) adalah kasih अल्लाह तल्लम हूस क्रिस्टस यांग olehnya manusia diselamatkan दान hidup didalamnya अकण टेटपी, बेबराफा तहूं तराखिर में गरेजा मैकेकिकान और पेस कैस करीनिया यांग बार या यंग टेलह बिरम्पम्पुर डेजन सेजुल्ला पेनीलेविंगन और मेलेबीही सेपर एंग टर्टुलिस द अलाकिटाब। पेसन कैशी करीनिया यांग बारू इनई सेबेटुलन्या पीसेन यांग सिमरी सेपरटी यांग टेरडापाट डेलमम अल्कितैब, हंजा साजा टेलहे डायलेबिह-लेबीन, एउ मेलेबीय डसिस (ओवरडोसिस)। पेंगजारन काशीह करुनी तर्सेबुट शुरुआती बंगाली फेंसेन पेनम्भान अनटुक मेम्बेंर्कन द्विपक्षीय पैरा पेंजरन्या और मीनगामामी बान्यक पेंगुर्ंगन अन्टुक एप दीनगैप टिडर डिप्रुकुण। बुलेटिन डोए अकाल मेम्बाहस टिडेंग पेसीन कैसिनिया ओवरडोसिस टीर्सबुट के बारे में सुना है। सेबब पेसन कैशी करनिया यांग बारू इन टेलीह मेनइबैबैन पेरपेकहान और मेन्गराहकीय बेबरपा ओरंग के दाल बोली 1। मेगापा करना पेसन कैशी करीनिया यांग बारू मेँ संगम मेलेबिह-लेबीखन, एग्रोसिफ, टिडक अलकिताबिया, मेम्का, मेघाकामी डैन एन्सेनिया टेलह जोह दारी पेंजेरियन कैशी करनिया यांग सेजती। एक बार जब वह आलोक में आया था, तो उसने कहा था: "मैं तुमसे प्यार करता हूँ।" मेम्बंबिल सेबैगियन केबर्नारन अलकितब और मन्जदिकन्या सेल्रूह कबनरण कानूनी तौर पर कानूनी तौर पर कानूनी तौर पर इस्तेमाल किया गया था। Istilah ini digunakan oleh orang Kristen Injili के बारे में पुरुषों के लिए एक डॉक्टर के डॉक्टर के सेक्रेटरी सेलेबल-या यांग पुरुषों के पुरुषों के इलाज के दौरान इलाज किया गया था और उनके परिवार के सदस्यों के बारे में पता चला है। सपर्टी हरूस मेलाकुकन सेशुआतु, या तो उन लोगों के साथ मिलकुकन सेसुआटू अनेक्त मेन्येनान्क अल्लाह के बारे में बताता है। कानूनी तौर पर संगठन में बिरवाहा, सब्बा मैके यंग मेलाकुकान कानूनी कानून के बारे में विचारकों के लिए लूआवर सेबनेन्या हयात सेकेदार मेलाकुकन अरुण-अरुण अगामवी और तमिलनाडु के सीतावाद के बारे में हुनानुगन डांगण जूरुसेलामटन्या है। कनॉट ओंग-ऑरंग लाइनिजमेडी दी डाल्म अलकाइटाब आडलाह ओरंग-ऑरंग फारसी, अहली-आहली तौराट और इमाम-इमाम फैसिक। मेरेका सहस्रुता सुक़ालीहट सुकाई और ततैया मेलाकुकन अरुण-अतुरन एजमावी के रूप में, उनकी परंपराओं के लिए हुकुम तौराट और नबी-नबी यांग के जन्म के समय में, उन्होंने कहा, , हारे इनi दान सेबैगैनेया हाइपर-ग्रेस पैरा पेंजर कश्यह करुइना के लिए आपस में महिलाएं हैं, लेकिन पेंजरारन्या या गेरजान्य डेंगण इस्त्लला हाइपर-ग्रेस बबकन कहते हैं याकन मीका संगता टीडक सैट्यूज डेंगण एसिटीला इनi। सेबुटन हाइपर-ग्रेस सेडीरीजम दारी इसिटलल यांग डायमिकक्लेक ओलह डा। माइकल ब्राउन ने बोकुन्य हाइपर-ग्रेस के बारे में बताया। आधुनिक अनुग्रह संदेश (2014) के खतरों को उजागर करते हुए, पुरुषों के लिए पेंजरंग यांग मार्ट कार्टून कराउना (ग्रेस) अल्लाह सेकारा बर्लिन (अति) डेर हर्सेन डाइरहाटिकन बाह्वा पेंजाज इन इटिड इब्यूबूट सेबागई कसीह करीनिया पलटू (झूठी-अनुग्रह) सेबब अपा यांग मीका कम्ककन सेयुयुनाई बिरसेल दारी फ़िरमन टूहान, येटु दारी-अयाट अल्कितैब, हनया सजाने मेका मेर्कजर्कन्नी डेंगण कार्ला डिलिबिह-लेबिहान सॅग्रैगन लगी डिकुरंग-कुरंगी । पेसन कैशी करीनिया में आल गया पेसन कैशी कराुया सेजती यांग टेलेल डिलेविन पर्लु डाइपरहाटीन जुग बहवा अति-अनुग्रह जुगा ब्खन टूनेन दिन अमेज़न केल्विनिसम 2 2 कैल्विनविमेम एडलह सेबू स्टाइल टैलोलोजीस वेरियन डेरी केक्रिस्टेन प्रोटेस्टान यांग नेशनल डेमबिल ऑफ़ द सॉरंग सुधारक फ्रांसिस बर्नामा योहानस केल्विन कदांग-कदंग ने सेबगाई तौलोगियों को सुधारने के बाद सुधार किया। सल्लू सेतु पॉइंर डेरी लिमा पॉइंट डॉकट्रिन यांग टेकेनल डेरी केल्विनविस् एडलह संप्रदाय (पैमेलहारायन ऑरंग-ऑरंग कुडस) के लिए दृढ़ रहें यैतु डोकट्रिन यांग मेनीताकन बाहु मनुसीया यांग टेलहे पेर्काया क्रिस्टस मेमिलिकी एचडुप यांग केकल, डैन एचडुप केकेल इटू टिडेक डरपेट डायरेन्ज, एऊ केहिलंगन केसेलामत्तन्या । सेक्ली मैनुसिया बानार-बानार बर्टोबैट, आईआईए टिडक दपत मेनजैड बिरबोट, और सेकली सेलमत टेट सेलमेट एडीए बीबरपा इसिटाला लाई बोगी पेंजरन कैशी करीनिया यांग बर्लिबिहान इनi, सेपरटी: रैडिकल अनुग्रह, आधुनिक अनुग्रह, अनुग्रह क्रांति, सुसमाचार क्रॉल, सस्ती अनुग्रह, और अनौपचारिक आंतरिक सुरक्षा। डॉ। माइकल ब्राउन का कहना है कि उनके नाम पर एक उच्च श्रेणी के उपनिवेशों के बारे में जानकारी दी गई है। बिरिकुट अल्लाह सरी उटाम दारी केपेरायण के लिए गुरू-गुरु अति-अनुग्रह तांगान काशी करनिया यंग बर्लिब्न, बेस्ति पेनजेलासन काशीय करन्या यांग सेज्युन यंग सेटुरट फ़िरमन टूहान (बाइबिलल ग्रेस) येट्वा यांग का पेगांग सांम्पई था: 1। टुहान सुदा मेन मेनंगगंग सेमिया डोसा ऑरंग परिकिया हाइपर-अनुग्रह ईश्वर के कर्मों और क्रांतिकारियों के बारे में बताते हुए करूनिया-न्याल के साथियों में बारु, मूक टूहान येस अकाल मेन्यताकन सैसोरांग बानर और इया मेनंगगुंग सैमू डोजान्य। आर्टिन्या, टूहान हूस सुदा मेननंगगुंग डोसा मसा लालु, डोसा मसा सेकरंग और डॉस मासा देपान दारी ओरंग टीर्सबुट। तुहान हूस सुदा मेम्बेर लाउनास सीमाना डोसा मैनुसिया (आई कोर 6:20), टूहान टिडक मंगलपुनी डोसा मैनुसिया सेकरा एन्जुरन। सेसेला शिसारंग डेलहैरकेन केम्बली, अपपुन यांग परकाया लुकुकन और अक्का लंकुकेन अकाल मेम्पेन्दरु हबुनगन केत देना देवता। दीया मेलीहैट ऑरंग-ऑरंग पेरीकाई सेबागई ऑरंग बेनार, कैरनान्य, मैका टिडक अकाल पेर्ना बेरसुर्सन डेंगण डोसा। बहकान के किसानों के साथ दो पल सुदाह की बात करते हैं, उन्होंने कहा था कि उनके माता-पिता के जन्म के समय के कर्मों के बारे में पता चलता है। दान एक प्रकार के लोगगींग डोसा-डोसा और केसलवाल में (आईबीआर 10:17) कुल मिलाकर कुल संख्या। इआ सुदाह मेगंगकट रास बर्सलाह किता, दैन टिडक पेडली सेबरपा केसर्न्या मेनकाबा मेनकारेन्या, कविता लिखने के लिए मेनमेनुकन्या, सेबैबाद सुदाममैन और मेलापैकन्द डोसा-डोसा कीट, और मुझे पता है कि वह बहुत ही खूबसूरत है। इटुला कैशी कराुनिया (अनुगेरह) यांग अजाब पेनजेलेसान Sungguh tidak masuk akal, अग्रिम या संगमलि पेंजेरियन तांगन फिरमन तूान से जुड़ा हुआ था, तो आप के लिए एक दूसरे से प्यार हो गया था, लेकिन पुजारी तूहान अल्लाह तह दीपूनी के उपवास के लिए याहू से कहा था, और कहने के लिए एक दूसरे के लिए एक अकेला आदमी था हरि में संप्रई सिसा हिदुक्कु सुंगुग टिपुआन यांग संगम बंगाल की जांग मेमंग इन बानार, यांग-नारायण के लिए भीड़-भाड़ के दौरान यांग-नारंगी यांग की जगह के लिए जबरदस्त ख़बरें (मैं टिम 5: 8), अब तक का मार्केटिंग रौह-रोन पेनीजेट (आईटीआई 4: 1), करीना मेंगिकति इंजिल लैन (गल 1: 6), करी बिरूबा सेटिया डेंगण मेंगिक्ति डुनिया (याक 4: 4), दान सेबैगैनाया। लालु ने कहा था, "मैं तुमसे प्यार करता हूँ", और कहा था, "मैं तुमसे प्यार करता हूँ" दान जरुसलेमात सौद्रा, आप के बारे में बताते हैं कि अल्कतीब यांग मगाटाकन बौद्ध डोस मेहनत की सुदाह डायम्पूनी (कलात्मक, डोसा- तदक सतू अयाट पॉल तिदाक एडीए इस प्रकार की जानकारी के लिए आप अपने कंप्यूटर से संपर्क कर सकते हैं। सेमांजजी पेंग्पुुनन इटू केट्तन्य डेंगण डोसा-डोसा यांग टेलहे केटा परवर बगैमना डेंग्न डोसा मेसा डिवान बागैमण डेंग्न यांग मुन्गकीन की लखुकन सेटलाह कता मनेरिमा पेङ्गुुनन दारी केसीह करुयाया अल्लाह कैटा टिडिक यूह ख्वातिर, सेब कैस करूनिया अल्लाह तेला मेम्बावा किता के दल्म केलुर्ग-न्या, दान मेनजदिकान कता अनक-अनक-न्या। सेहग्गा केटिका की सीबागई ऑरंग पेरेकाया केमूदियन बेरबूट डोसा, पेगंपुणन टेलहे टाइर्सिडीया, असल की माता मौत केपेडा-न्या मेहनॉन एंड पैंगुडेसन मेललुई दरह-न्या। अनक-अनककु, हला-हलाई कुतुलस्कीन केपेडा कामू, सुअला कामू जांगन बेरुबूत डोसा, नून जाइका सोरंग बेरबूट डोसा, काता मेम्प्न्याय सोरंग पेंगण्तारा बापा, येट्यू हूस क्रिस्टस, यंग एडिल। डान आईए adalah pendamaian untuk segala dosa kita, और बुन untuk डोसा कहानी saja, tetapi juga untuk dosa seluruh dunia। (आई योह 2: 1-2) पेराटिक्स कलीमेट namun jika seorang berbuat dosa। मेननजुकन बहवा जिका ससेओरांग अखीरिना बेरबूट डोसा टाइडर बेरती इया बेबास दारी पेन्गुुकुमन। हन्या साजा बेडान्य जिका ची बेरबूत डोसा के यादगार पेंगुण्टारा, येट्यू हूस क्रिस्टस, यांग अक्का मेनन्यूकेक कैटा और उनके जन्मदिन की उम्र के लिए दंडग्यूक्यूमन, अस्सलक काता हुआ थापुना और उसके दोस्त और उनके दोस्त हैं। दारी आयेत में कितना मुंह भर में क्रिस्टस के मेन्गापुसन्द डोसा यांग उर्फ ​​एंगन डाइपरबुलेट ऑरंग पर्किया था। अकण टेटपी क्रिस्टस बिरजजी बाहवा जिका ससेओरंग डिकमुडियन हरि बेर्बूट डोसा आईए अक्खन मेनजैद प्रण्ट्रेट ऑफ़ मेन्यूयुक्कीय डोसा टीर्सबुट। सेबब जिका मेमांज टूहान की मेलीहट डोसा-डोसा किटा लीगी, अगर आईला टेलीह मुंगेपुनी डोसा-डोसा यांग मूंग्कीनी यांग के बारे में सुनाई देती है, तो इस तरह के लोगों में से एक के बारे में पता चलता है: हैई कामु, यांग-नारंग यान तिदाकका कामू ताउ , बाह्वा फ़ताह-बन्ताना डंगिया ड्यूनिया अदललाह परुसुहान डैंगन अल्लाह जदि बारांसीसिप हेन्दक मेनजदी साहब डुनिया इनी, इया मेनजदिकान डरिन्या मुसूह अल्लाह मेंडकटालह केपेडा अल्लाह, और इआ अकान मेंडेकत केपदामू। ताहिरक्नला तांगनमु, है कामू ओरंग-ऑरंग बिरडोसा और सुसीकनलाह हैती, है कामुंग यांग मेंडुआ हैती (याक 4: 4,8) मेललुई पेटुंजुक कात-कटता है कमु, यांग-ओरंग यंग टिडक सैटिया, काता मेंगताटी बाह्वा आइट इन दुतुजुकान बागी ऑरंग यँग सुदाह परकाया क्रिस्टस केमुदियान दी आयेत 8-यया योकोबस मेलंजुटान पेर्कटान्या मेंडेकलाह केपेद अल्लाह ताहिरकनला तांगनमु, है कमु ओरंग-ऑरंग बेर्दोसा जाका तूहान हससुदा मेघापुसन्द डोसा मस्सां ओरंग ऑरंग पेरेकाया, याकूब मेनगेर और मेमांरिन्क़ानक नारंग-ऑरंग पेरेकाया बर्टोबैट दारीन्शन बुकांक़ा सीमिया डोसा सुदा डबिरेकन् क्रिस्टस डि कयू सलीब डैन जिका केटाक डिपेंगिल नें मेन्टाटाकन डोसा, मेरनाकन केमूलियान क्रिस्टस लालु अग्रिम फ़िरमन टूहान थालाम याक 5:16 मेहरबानी जमैट टूहान अन्टुक सैटिंग मेगाकूई डोसा करेना इटू हेन्डक्लाह कामू सैलिंग मींगकू डोजमू दान सोलिंग मेंडोकान, सुपुआ कामू एसेंम्बु। दोआ यांग यांग बेनेर, बिला दिगान याकिन डूओकन, संगत बसे कुआसानं। (याक 5:16) दान के लिए जाना जाता है, यांग प्रसंगी दीनगैप सेहोरस्याय मेकिलिकी केसादर अकाल डोसा, लालु ने कहा था कि वह एक दूसरे से प्यार करता है पॉल पौलुस यांग बर्कटाट: कराना की यादों के बारे में बंगाली शब्द, बागीक़न और यांग माईंगिलिंग करता है, यांग बेन्ट्स मेरिन्तींगी कता, और बेरलोम्बा डेंगान टेकन दलाम्मेलान यांग दिवाजीबाक बोगी किता। (Ibr 12: 1-4) 2. Orang percaya tidak perlu berdoa me-mohon pengampunan secara berulang-ulang। अति-अनुग्रह सेमिया डोसा मासा डेवन ऑरंग परकाया इटू सूडा डायमपूनी, या सेमू डोसा सेमिया डोसा ओरंग पर्किया सुदा दीबेरेकैन-न्या और क्यूई सलीब। सेमिया डोसा सूडा डायमपूनी डैन जिका यांग पर्किया बेरबूट डोसा ओह, जौक्कनालह किरान्त हला तू टेटी जिका ची संप्रई बिरबूत डोसा, सीमेंआंग और कल्याण बिरबूत डोसा बोकान तापी जांगनलाह मेमहॉन औप्न अकोण इसू। Adalah berdosa jika seorang yang sudah lahir baru berdoa memohon pengampunan dosa kepada तूहान। Ia sudah memberikan pengampunan mutlak bagi orang percaya, adalah kesalahan bagi seorang percaya jika meka mohon pengampunan dosa yang sudah diampuni-nya। जादी, सैकलीपून सेंदनाया केत बेरबूट डोसा, जांगन मुलई मेहोतन पेगमपुुन केपेड़ा तूान। जंगन मेनकोबा अप्रक्ट मंगाकुई डोसा आईटीयू अराखानला पंडांगण आंदा केपदा क्रिस्टस तरुह इमान सौद्रा दी दलम हूसस तेरुस्लाह बेरजलान द दीम प्रजनजियन रोह डान दाम इकाना कश्यह करीनिया तेरुस्ला डिक्लेरसिकन पेंगुुनन यांग मट्लक बोगी सौद्रा कैटा टिडक डिप्गगील अनटुक मैन्जुकुई डोस कीटा, मेन्ककिंग डिबेंगिल नें येस क्रिस्टस बगैमाण के लिए हंगरी क्रिस्टस बागेमाम के लिए पेंजर हाइपर-ग्रेस मेरोपनी डाव लैकुकन मेरेका बर्कटाता बापा, टेरीमा कैशी कराने के बारे में बताते हैं कि वह एक बार फिर से पढ़ना चाहते हैं। पर्निटाटन तर्सेबूत अदलह केकेलीरुआन और पेनिपुआन बेसर दि अखीर जमान इनु सुंगुग पेंजेरंग यांग संवर्धन बिरबाहैया सोंदराकू सेक्लिपुन ससेओरंग टेलहेमंगलामी केलहरीन बारू, कतर हरसांगी बहवा ची मसिह हिप्पड दी डेजिंग यांग लेमह और दपत मेम्बुट ससेओरंग मेलाकुकन डोसा डिक्मुडीयन हरि बाक सेकेंड सेन्जैड या बाद में। पेंगजारन हाइपर-ग्रेस मेम्बुट ऑरंग पेरेकाया मेरेमेहेंक डाम्पक दिव्य दास और मेनिपु दीरि डेंगण कर मेम्बीकरन डोसा बर्टुंबह हिंगगा अखारिना मेनगेसिलान मॉट केम्बली। तून मंगापुनी डोसा मसा के ऑरंग परकाया अदालती चली थी और पेंजेर्जन हाइपर-ग्रेस सैकलीपुन अलकिताब दीनाना जेलस बर्कटाबाद जगत किटा बिरडोसा सैसेलाह लाहिर बारू किता हरसर मंगाकुई डोस टीर्सबुट, सेपरटी टारटुलिस: जिका ची मंगाकुछ डोसा केट, मका इअलाल सिटिया डैन एडिल, सेहग्गा इया अक्कल मेगाँपूनी सेगाल डोसा केट और मैनेजुएक कैट द सेगाल केजेतन। (I यो 1: 9) नमुना तक पेंगाजार हाइपर-ग्रेस मेगाटाकन बाह्वा अयाट टीचर टूडेब्यूकेन ब्यूक बैंगरी ऑरंग पेरेकाया, मेलिंगक बोगी ऑरग यंग टेडक टू क्लेम्पॉप्टर ऑफ़ द क्लॉम्पेक 3 यांग टेलि मेन मेयूसअप जेमेट मूला-मूला। यांग मायाजादी प्रेट्लाइन बयामिना के लिए पेंजर हाइपर-ग्रेस मेन्जहुहुई लेटर बलकक कलुर्नेय आयेत आई योह 1: 9 ग्नोटीमेम यंग पेनीसूप के लिए बाबा के लिए एक महिला ने कहा, पिलिंग टिडक, यांग दिमस्कुद अदलाह बेनिह-बनिह अजारन ग्नोस्टीक और बुक्कनिया सिस्टेम बिदा यांग सुदा मेजू और बर्कमेबल। 3 ग्नोस्टिक adalah अज़रैन सीएसटी यांग टिडिक परकाया अकाल एडॉन्स डोसा। सौद्रा, दलम मेम्बाका अलकिताब, अदलाह पेंटिंग बोगी के बारे में बताते हैं कि वह कैसे बेवकूफ सेबेलम और ससुदान की देय यांग सेदांग केटा बाका है। मैं उसकी हनुमान मेबाबाका 1: 9 याद रखता हूं कि वह एक-दूसरे से प्यार करता है और उसके साथ प्यार करता है, वह कभी भी नहीं था, लेकिन वह कभी नहीं था। मैं 1 9 साल की उम्र में मिला, मैं अपनी माँ के बारे में बताता हूं कि वह 6 साल की उम्र में मेरे लिए क्या करना चाहती है: यह कविता कटक है, वह मेरे दिल में बहुत कुछ कर रही थी। namun kita hidup di dil kegelapan, kita berdusta और kita tadak melakukan kebenaran। (1 योह 1: 6) अँग्रेज़ के बीच में एक छोटा-सा खड़ा हो गया था। इन मेमबूकटीन बाह्वा सुरत याहान्स यांग इट माईजज कीपिंग ऑरंग पेरेकाया, और इसके बारे में हो सकता है कि वह कभी भी यांग के बारे में सुना जा सकता है: जिस तरह से मैसेंजर डोसा जाता है, तो मैं उसके पास से एक ही स्थान पर रहता हूं। (मैं यो 1: 9 ए)। इटू आर्टिन्य बेगी सैटिएप ऑरंग टुरकाया, येट्स मेकाइ मेमिलिकी प्रेसिट्यूआन डेंगण क्रिस्टस जादी, जाका सीरंग परकाया डिकमुदियान हरि मीका बिरबूट डोसा, या मैटके टेटाप हरुस मेगाकुईई डॉसंन सहिघग्गा आई मंगापुनी डोसा किता और मैन्युकिक कैटा से सेगाल केजेतन। (आई योह 1: 9 बी) दलम तर्जामहां अस्लिन्या (यूं।) काता मेंगाकू थालम I योह 1: 9 अब्दुल हौलोजीओ यांग बर्टती टिंडकन मसा कीनी, यंग दिलुकुकन टेरस मेनरस। इटू आर्टिनिया सेटिएप ऑरंग टुरकाया टिडक केल दारी डोएगा यांग इआआ बर्न ऑफ़ कम्डियन हर ओरंग पर्काया हरुस मेन्गाकुई डोस मीका, जिची दी केमुदियन हरि जतुह के दोस्त डोसा, सेकरा टेरस-मेनरसस। Ini adalah kehidupan kekristenan यंग बेनर यांग मेस्कक्यूप केजुर्जुर और पेंगुकून डोसा यांग टेरस-मैनरस जैकी बेरबूट डोसा। मंगाकुई डोसा अप्रेंट मेन्दापट्ट पेनगापुसन डोसा बकिंला क़ानूनी। केरेलेन और केजुरुण बिना मेगाक्युई डोसा आल बुलियन की हबुनगन की यांग अकरा डेंगान तूान। चीता के बारे में यूह उलू बिना मैन्जुकी दूसा के बारे में टूहान केक्यूलि मेमांगा किताक मूँकुकुइन्या, मेनिसंन डोसा और मैनीकमिट केहीदुप दाल डोसा, इटू किसह यांग लाईन तंटुन्या। लालू बाईमनाम के नेताओं ने यांग के बारे में बताते हुए कहा, अपाच केसलमतन-न्या और अकाल हिलांग अपाका सीसेरंग डिआलेमेटकन और केमूडियान पदा सुट्टू हरि केसेलामटन हिल्ंग करना डोसा। अपाक केमुदियन यांग पर्किया बरुमुल उक्तुक मेगाक्यूई सेटिएप विवरण के बारे में बताता है, और उसके बारे में जानकारी प्राप्त करने के लिए उसे पता नहीं चला जाता है, तो वह अपने माता-पिता से मिलते-जुलते हैं, क्योंकि वह इस तरह के लोगों के बारे में बताता है: दीरी लागी सिलेन मेम्बसूम काकिनी, करीना इया सुदा बर्सिह सेल्रूह्न्या। जुगा कामू सुदा बर्स, (याहू 13:10) पडा ब्यूडा मैस, हूस हिप्पुप, रम-रौम्म पडामासा इटू टिडक मेम्प्न्ययई सलूरन एयर एंड पाइप लीडेग, और इटू बर्टिटि इटू टिडिक मेमिलिकी कम मंडी। कालौ की जिन्दगी मंडी, मटका की हरि तूगी के सुंगाई के लिए एक महिला प्रदाय मंडल है। दी सनाह की बिस्स मंडी और बानार-बानार मेज़ैडी बर्सहह अकण टेटपी, सैकलीपुन बदन किता टेलीह बर्सिह, सैसेलाह मंडी केमुदियन कता हरसर बिरजालान पुलंग के रमह, मेन्यूसुरी जलन यांग पेनह देदू टिडक पेडली सब्सशी अपपुन की मन्दिनी, काक आका मन्जदिक कोटर करणाल किट उसके समय के लिए मंडी की जगह है। याडी, केतिका और देटंग के मुंह पर रोमा यांग लाईन, ऐडा सुटु बुडाया दि मन टुअन मेमियादियाकन सीबुह बेसी बेरसी एयर डेन ऐडा सेओरंग हंबे यांग सीएपी मेम्बुस्हु ककी अंडा। टेटपी इटू बक्कर बर्टर्टी एंडा पेरु मंडी लगी हन्या केकी एंडा यांग पेरु डिब्सह दारी पेनजेलसन दी एट किट मेंगर्टी सकरंग, सत् किटा डिस्लेमटानैन लन्हार बारू, किस सुदह डिब्स हो गई थीं, वो सबकुछ करते थे। टूहान सदस्यहक्कान किस दिन सेगाला कोतोरान (डोसा)। दान सुंगुग ने अपने जन्म के समय के लिए योन पालु डूबस और तहान हसस टेलहे मेम्बसूह सेमू कोटरन आईटीयू (आई कोर 6:11)। हां, क्रिस्टुस टेलहे मेन्ययूकेआक कंटेशन एयर डैन फ़िरमैन (एएफ 5:26) परन्तु कैलहिरन बारू (एएफ 5:26) अल्लाह के लिए कैसे काम करता है? मसीह अत्ता सतू मसालाः कविता मसिह हिड्ड दी डुनिया इनi कविता मसिह हरस मेन्यसुरी जलन यांग बेर्डेबु, कोटर और कदांग कला काकी मन्जैदी कोटर, वालूपन की सुदा मंडी और डिब्सन। इटुला जुबर डोसा यांग माइनमार्कन और हारुस दिबासह सेटिएप वक्ता बूकन बरारती हर्डे मंडी लगी, हन्या ककी ची सज यांग पार्लु डिब्सह बापा, सुकन अकउ दारी डोसा (सेबुटाकन), दी दालम नाम हसस अमीन। कार्य करता है क्रिस्टस टेलह मेम्बेर लुनास सेमू डोसा किता। टेटपेली हेल ​​इन मेडिएक्यूलिककन केबूतुहान के बारे में जानकारी देते हैं जंजीन की मठुर्बलिक पेंगर्टीन कैशी करीुनिया (अनुग्रह) टूहान सेहगग्गा किताक माउ बर्टोबत दारी-डोस यांग कैटा परबूट। एटू कलियन पंडांग एंटेंग केमेराहान अल्लाह और केलपांगन हति सृता केशरन-न्या यांग बेगेट बेसर पेस्टी कलियन तेहू बहवा अल्लाह मेनुंजुकन केबैकन हति-न्या करेना इआ मऊ सुयाया कलियन बर्टोबत दारी डोसा-दोसामु। (रोम 2: 4, बीआईएस) 3. पेनांगुपुणन ऑरंग पेरेकाया टिदक डी-दसरि एटस पेंग्पुुनन टेरहादाप ऑरंग लाइन (मेन्ग्ंपुनी)। दीदाम दोआ बापा कामी, तून हसस मेन्गाराजकर murid-murid-nya untuk berdoa dan mengampuni:। दान औपनीलाह कमी अक्का केसलवाल कामी, सेपरटी कामी जुगा मंगामुनी यांग यांग बर्सलाह केपेडा कामी (चटाई 6:12)। इटू आर्टिनिया सेटियैप उमट टूहान, बिना किसी भी तरह के कंगारू के लिए, बुलुआ तहंने मंगामुनी कैसलहैण काटा। अति-अनुग्रह जिका की मंगेतर के लिए किसी भी तरह से मंगेतर के रूप में मंगेतर नहीं होता है, और वह भी तहसील के लिए कूच करते हैं साससेसेरंग मेनेरिमा केलहिरन बारू, सीमिया डोसाना सुदा डायमपूनी, बाईक डोसा मास लालु, मसा सेकरंग और डोएसा यांग अकान डेलकुकन डिकमेडियन हरि सेमिया डोसा सुदा लुना डबिएर क्रिस्टस दी क्यू सलीब किटा या उसके बाद के लोगों को या तो प्यार करता था, और न ही उन लोगों के साथ मिलते-जुलते नंगे हो जाते थे, और न ही उनके साथियों के बीच में नंगे हो जाते थे। कसीह क्रिस्टस बेसुर बेसर दान सेगगुप्प मेंगुनपुरी सेल्गुरु डोसा मैनुसिया Penjelasan। पर पेंगार्जर हाइपर-ग्रेस परकाया बहू जी जीवन की मङ्गुनी या उस पर आधारित है, जिसकी वजह से वह हिंदू लोगों के लिए करिन्नी कर सकता था, लेकिन वह कभी भी कानूनी तौर पर कानूनी तौर पर नहीं मिला था, लेकिन उसके बारे में उनकी व्यक्तिगत जानकारी मिलती थी। सेदंगक कसीह करूनिया इटू ताना सिराज, टिड्क एडा टिंबल बालिक, तूान अकाल मंगापुनी किता ताना सिराण और तनपे सिक्रिप्टून मैनुसिया (डेल कॉन्टेक इन मेईथू मेन्गुम्नी)। सौद्रा, अंत में सुसंगत यांग संगत बिरभाईय इनू सेबुह पैरिएटान यांग मेननांकन हैती सेसैट नामन दापत मेम्बवा केबिनसन केकल सेसगुग्न्या, पैंगगिलन अन्टुक मेन्गुंपूनी ऑरंग लैन सान्तात्ला पेन्टिंग सेहिंगग हसस मेन्गुलंगिनिया बेबरापा कली दल्म कोंटेक्स यांग बेर्बेडा-बेड, टर्मसुक सताना तेहान मांगाजर्कन मुरुड-मुड़-न्या बेरोडो इमान: दान जंगी कामु बिरडीरी अन्टुक बिरडोआ, अंपुनीला दाहुलु सैकिरियां और बरग सीएसयूटू लाटिमू टेरहादैप शिसोरांग, सुपुया जुगा बाममू यांग द सोर्गा मंगलपुनी केसलहां-केसलहंमू (मर्क 11:25) मंगलपुनी के लिए दीपूनी ब्खान सुट्टू टिंबल बालिक एट बालासन सेहिंगगा बर्टेंटेंगन डेंगण करिई करीनिया यांग ताना सिराज। मेन्गंपूनी यांग लाई ब्यूकन सूटु पेकरजेन वैधानिकता या किट डायम्पूनी तदक तापी मुंहमपुनी अदलाह तुंटान पूर्णतया सेतु के लिए: बच्चों के लिए जन्मदिन की शिक्षा के लिए काम करने वाले बच्चों के लिए 4.रोह कुडुस के बारे में अधिक जानकारी के लिए हाइपर-अनुग्रह पेरेनान रोह कुडुस बेरफंगे को बिना किसी तरह के मंगेतर या मंगल ग्रह के बारे में बताया गया था, वह दूर हो गया था और उसके बाद से वह अपने आप को करनिया-न्या ले सकता था। Oleh sebab itu Roh Kudus tidak bisa mengingatkan orang perkaya akan dosa, Sebab Tuhan हां, सुदाह मेनंगगुन और मेलापाकन सेमू डोसा ओरांग पर्किया। रोह कुदास मेलीहट बहव ऑरंग परकाया इटू सेम्पुरना द डेलम क्रिस्टस Ia tidak akan pernah mengungkit-ungkit dosa orang percaya lagi। रोह कुडुस ने अपने बच्चों के बारे में जानकारी देने के लिए, उनके माता-पिता के बारे में जानकारी देने के लिए, या किसी भी प्रकार के ज्ञान के बारे में जानकारी देने के बारे में जानकारी दी। Penjelasan। जेका मेमंग फंगसी रोह कुडस के साथ मैन्गेट्टेक कर पता करने के लिए, उस व्यक्ति के साथ मिलन का हिस्सा बनने के लिए: बैरंगसिपास कुकसी, क्यूटागोर और कूजजर्स सेब रिलाकानाल हेटिमु और बर्टोबैटाल। सिपा बर्टेलिंग, हेन्डक्लाह इया मनेडेकरन अपा यांग दिकतकन रोह कीपा जैमेट-जामात। (क्यों 3:19, 22) आयत देस adalah perkataan रोह Kudus दान apa perkataan Roh Kudus Menegor Mengapa Roh Kudus menegor kita umat percaya Karena Ia mangasihi kita सात किताई परिकया बेरबूट डोसा, रोह कुडस ने कहा था कि वह अपने घर में बैठे थे और उसमें से एक के बारे में पूछताछ करते थे, तो वह एक दूसरे के साथ मिलते थे या फिर उसे छोड़ देते थे। इटुला सलाह सतू तुगस रोह कुडस नमुना बानर यांग कुकाटक इन कीपदामू: अदलाह लेबिह बर्गुना बंगी कामू, जिका अजू जाते सेब के बारे में कुछ बातों का कहना है, यह जानने के लिए कैसे, आप को पता है कि यह कैसे काम करता है, तो आप किसी भी चीज़ के बारे में सोच सकते हैं। दान कालो ईए डटांग, आईए अक्का मेंगिंसफैंक डूनिया अकोण डोसा, केबेनारन और पेनगैकिमान। (याह 16: 7-8) 5. पेंगुडासन ऑरंग परकाया सुदाह यूहन्ना और लॉन्गाप हाइपर-ग्रेस दान करने कीडेक-न्या इनिलह किटा टेलि डिक्डस्केन सतू काली उटुक सेलेम-लैमन्नी ओलेह पेंसबर्ग ट्रुथ हूस क्रिस्टस। (आईबीआर 10:10) दारी अय्याट दे अस्स, पैरा पेंजर हाइपर-ग्रेस पेरेकाया बाह्वा प्रोसेस पैंगुडेसन (प्राइवेट-फिक्शन) बुक्कन सेबॉय प्रोसेस ऑरंग टूरीक मैजैड साककन और साककिन कुडस टुदक कीटाइजिंग कॉडस सेकली (अब वकटु लहिर बारू) और अप्रत्यक्ष पेंगुडुशन ऑरंग पर्क्यया सुदह यूहँ और लेंगाकैप, और केतना टिडक पालु मेनमहक्कक अपा-एपा लगी। पेंगुदासियान थालाम क्रिस्टस टिडक बर्सिफाट प्रोग्रेसिफ़ (बर्टुंबुह)। Orang percaya tidak dipanggil untuk bertumbuh didalam kekudusan, sebab mengejar kekudusan adalah kebohongan yang membunuh secara आध्यात्मिक रूप से किता हरस परकाया पडा कसीह करुनी ताना सिराज, येटू बाह्वा पेंगर्बानन-न्या डी कयू सलीब टेलहे मेज़दिकान किता अर्धुर्ना, सेप्नु्न्या, दान सलेम। कविता दिबेंकरन ओलेह इमान, सेक्ले और अन्तुक सिल्मान्य, यह जानने के लिए कि, क्या जुग सेपनियन्स के बारे में जानकारी दी गई है मेललुई केलहरीर बारू, क्रिस्टस टेलहे मेनइमप्रलकन केकूदुसन केता, सेहग्गा किता टिडक पालु लगी मीगुसहकान-एनिया (कानूनी तौर पर)। क्रिस्टुस टेलहे मेम्बबस्केन किटा दारी सेबुह पेनजारा यांग इनबूट डोसा और सेर्कांग टेलह डिबिएन्डहक्कन के सेबह पेनजारा यांग इनबुट केबननरण। कपन पन्न ससेओरंग डिसालेमेटक, प्रेटप्पपुराण मेल्वान डोसा सुदा बिरखिर Penjelasan। सुगग्ह फेनेंगें मेगापा फार पेंगाजार हाइपर-ग्रेस बिसा मेमिलिकी पिकरन बाह्वा पेंगुदासण की सुदाह यूहूँ और लेंगाकैप, सुदा डिसेलेशैकन दीमास लालु, शिंगगा किता टिडक परुलू मेनमहक्कक अपा-एपा लगी। पैरा पेंगाजार हाइपर-ग्रेस केलीहटान्निया टिडक मेनेददारी (या पुरुष मेनका) बाव साता चीता मंगामी केलहरीन बारू आलवल बख़्क अखाधर दारी सेसूतु दारी केरोहनानी कता। मेरेका हन्या मेन्गिंगकन सेगैल सेशुूतु सेकारा इंस्टन डायन मूडा मेमन बानर इब्रा 10:10 मंगल ग्रह के बाहर के इलाके में सैकड़ों कली के लिए कुछ नहीं मिला। तातीकत्ता ने कहा था कि वह सब कुछ प्यार करता है, अकीताब यांग का पेगांग सिफटाण्य कोम्पॉर्फ़िफ़ीफ, इट्यू लुआस और लेन्गाप। फ़िरमन टूहान यांग टेरटुलिस ऑफ अलकाइटाब डिट्युलिस ऑलेहम रोह कुड्डूस और बिरिसिफैट सिक्वेट्स एंड क्यूकेस यूटिकट्यू, एक दूसरे के साथ काम करने वाले पुरुषों के लिए काम करने वाले पुरुषों के साथ यौन संबंधों के लिए साइन अप किया गया था। अनटुक मांगती सटू आइत, कतार हरस मेम्भराटिकान और मेमांदिंगक डेंगण आयेत - यायत यांग लैनन्या। (2: 6, 4, 5, 5, 5, 5, 5, 8) एक दूसरे के साथ दोबारा प्यार करने के लिए, ), tetapi sekarang kita menantikan pengangkatan sebagai anak, yaitu pembebasan tubuh kita (Rom 8:23). Kita telah mati bagi dosa (Rom 6:1-7) namun kita tidak boleh membiarkan dosa berkuasa lagi dalam hidup kita (ay. 11: 19). Kita telah menanggalkan manusia lama dan mengenakan manusia baru (Ef 4:22-24) itu juga betul, namun kita diperintahkan untuk mematikan dan menanggalkan sifat duniawi kita dan mengenakan manusia baru (Kol 3:1-14). Kita memang orang - orang yang menang di dalam Kristus (I Yoh 5:4), namun di dunia ini kita masih belum sempurna sebab kita masih bersalah dalam banyak hal (Yak 3:2). Realitas lainnya kita adalah ciptaan baru (II Kor 5:17) , tapi ternyata kita harus diubahkan melalui pembaharuan akal budi (Rom 12:2). Dari ayat-ayat di atas kita mengerti sekarang bahwa ayat Alkitab harus diambil secara menyeluruh, tidak bisa terpisah-pisah. Demikian juga mengenai kekudusan orang percaya, dari ayat-ayat lain tentang kekudusan dan kesempurnaan orang percaya maka kita temukan kebenaran bahwa semuanya bersifat progresif (bertumbuh). Proses kelahiran baru tidak serta merta menjadikan kita tidak lagi berurusan dengan proses kekudusan dan dosa. Perhatikan ayat berikut ini: Semoga Allah damai sejahtera menguduskan kamu seluruhnya dan semoga roh, jiwa dan tubuhmu terpelihara sempurna dengan tak bercacat pada kedatangan Yesus Kristus, Tuhan kita. (I Tes 5:23) Mengapa Paulus berdoa bagi pengudusan sepenuhnya dari orang-orang percaya jika mereka sudah sepenuhnya dikuduskan Jawaban sederhananya adalah sebab memang mereka belum sepenuhnya dikuduskan, pengudusan itu sifatnya progersif (bertumbuh). Perhatikan juga ayat berikut ini: Dan Roh Kudus itu adalah jaminan bagian kita sampai kita memperoleh seluruhnya . yaitu penebusan yang menjadikan kita milik Allah, untuk memuji kemuliaan-Nya. (Ef 1:14) Salah satu peran Roh Kudus bagi orang percaya ternyata sebagai jaminan sampai kita memperoleh seutuhnya dari penebusan Kristus. Mengapa Roh Kudus mengawal orang percaya sampai memperoleh seutuhnya karena memang orang percaya belum memperoleh seutuhnya. Ada tahapan-tahapan (progres) untuk memperoleh semua janji-janji Tuhan, termasuk kekudusan dan kesempurnaan. Kita mengerti sekarang, kelahiran baru bukan akhir dari perjuangan kita melawan dosa, dan bukan garis start dari kekudusan sepenuhnya. Kita memang sudah dikuduskan oleh Kristus pada waktu kelahiran baru, namun kini kita sedang dikuduskan oleh Roh Kudus, dan kita akan sepenuhnya dikuduskan dan menjadi lengkap sepenuhnya ketika kita tiba di surga. Berusahalah hidup damai dengan semua orang dan kejarlah kekudusan, sebab tanpa kekudusan tidak seorangpun akan melihat Tuhan. (Ibr 12:14) Kekudusan sempurna adalah sasaran orang-orang kudus di bumi, dan itu adalah upah orang-orang kudus di surga. 6. Tuhan melihat orang percaya sempurna dalam pandangan-Nya Hyper-grace . Bersamaan dengan pengajaran bahwa kita sudah sepenuhnya dikuduskan pada saat diselamatkan, guru-guru hyper-grace juga mengklaim bahwa Tuhan selalu melihat kita sempurna dalam pandangan-Nya, karena Ia tidak melihat dosa-dosa kita. Dan karena kita senantiasa dipandang sempurna dan benar di hadapan Tuhan, maka tidak ada yang bisa kita lakukan untuk menyenangkan Tuhan. Kita sudah sepenuhnya berkenan dalam pandangan-Nya Ya Tidak peduli bagaimana kita hidup dan tidak peduli apa yang kita lakukan, Tuhan bangga akan kita Yang kita perlu dengar adalah pujian Bapa Surgawi. Ia senang dengan kita. Kita adalah anak-anak-Nya yang berharga dan terkasih. Ia sangat mengasihi dan berkenan kepada kita, dan tidak ada yang dapat memisahkan kita dari kasih-Nya. Memang tidak ada salahnya untuk menjadi lebih baik, tetapi kita harus mengerti bahwa di dalam Kristus, kita sudah baik dan berkenan bagi Tuhan, ditebus oleh darah Anak-Nya dan bagian dari keluarga-Nya. Adalah mustahil bagi kita untuk mengecewakan Tuhan dan terpisah dari kasih-Nya. Joseph Prince berkata: Karena Anda tidak melakukan apa-apa untuk menerima hadirat-Nya di dalam hidup Anda, maka tidak ada yang bisa Anda lakukan yang akan membuat hadirat-Nya meninggalkan Anda. Penjelasan. Inilah yang membuat pengajaran hyper-grace begitu diminati oleh orang-orang percaya jaman sekarang. Pesannya begitu membebaskan Pesan hyper-grace begitu berpihak bagi mereka yang menderita rasa bersalah dalam hati nurani, selalu berpikiran tidak layak (karena menyimpan dosa tentunya), mereka yang mendua hati, para barisan sakit hati, dan bagi mereka yang tidak pernah percaya bahwa Anda sudah melakukan semampu Anda untuk menyenangkan Tuhan. Pesan Hyper-grace adalah pesan yang bisa diterima bagi mereka yang sangat sensitif dan rentan terhadap intropeksi. Pesan hyper-grace membuka mata banyak orang bahwa kita diterima karena apa yang telah Yesus perbuat dan bahkan dalam keadaan kita yang paling buruk Bapa tetap mengasihi. Ia selalu melihat kita sempurna dan kudus, karena Kristus sudah menanggung semua dosa kita, bahkan dosa yang mungkin akan kita lakukan. Inilah yang dialami oleh banyak orang percaya hari-hari ini yang telah menangkap pesan kasih karunia yang begitu berlebihan dan terperangkap pada pengajaran yang meninabobokan. Benar Adalah benar kita telah menjadi anak-anak-Nya, dan Ia menjadi Bapa kita dan kita telah menerima semua berkat dan janji-janji-Nya. Dan Aku akan menjadi Bapamu, dan kamu akan menjadi anak-anak-Ku laki-laki dan anak-anak-Ku perempuan demikianlah firman Tuhan, Yang Mahakuasa. (II Kor 6: 18) Tapi kita juga harus memperhatikan ayat berikutnya yang berkata: Saudara-saudaraku yang kekasih, karena kita sekarang memiliki janji-janji itu, marilah kita menyucikan diri kita dari semua pencemaran jasmani dan rohani, dan dengan demikian menyem-purnakan kekudusan kita dalam takut akan Allah. (II Kor 7:1) Dari ayat di atas jelas bahwa ada hal-hal yang terjadi di jemaat di Korintus yang tidak membuat Tuhan senang Jadi sekalipun jemaat di Korintus telah ditebus-Nya dan telah menjadi anak-anak-Nya, tapi ternyata ada yang Ia tidak sukai. Saat seseorang telah lahir baru, tidak otomatis membuat Tuhan senang dengan apa yang kita lakukan, yaitu jika apa yang kita lakukan tersebut adalah ternyata melanggar Firman Tuhan atau dosa. Bahkan dalam beberapa kesempatan Tuhan mencela umat-Nya karena berbuat dosa, seperti mencela jemaat-Nya yang telah meninggalkan kasih yang semula (Why 2:4). Firman Tuhan memperingatkan kita bahwa Bapa surgawi tidak selalu memuji kita dan tidak selalu berkenan kepada kita, tetapi selama kita adalah anak-anak-Nya, kita tidak perlu meringkuk dalam ketakutan dan tidak adanya pengharapan. Ketika Ia mengkoreksi kita atau menghajar kita atau mendisiplinkan kita, itu adalah karena Ia mengasihi kita. Itu adalah kabar baik, dan itu adalah bagian dari menjalin hubungan dengan Tuhan dan untuk penyempurnaan kekudusan anak-anak-Nya. Karena Tuhan menghajar orang yang dikasihi-Nya, dan Ia menyesah orang yang diakui-Nya sebagai anak. tetapi Dia menghajar kita untuk kebaikan kita, supaya kita beroleh bagian dalam kekudusan-Nya. (Ibr 12:610) Itulah kasih (Mzm 141:5). Dan kita perlu ingat bahwa Tuhan mengasihi kita sekalipun ketika Ia melihat cacat dan kekurangan kita, Ia tidak menghakimi kita, namun menegur dan mendidik kita untuk memanggil kita berbalik kepada-Nya. Tuhan memang mengasihi umat yang telah ditebus-Nya, tapi jika umat-Nya tersebut berbuat salah atau berdosa janganlah menghibur diri sendiri dengan pernyataan Tuhan senang dengan Anda. Ia sangat mengasihi Anda dan berkenan kepada Anda, apapun yang Anda kerjakan. Yang Anda perlu dengar adalah pujian Bapa surgawi. Itu bohong Lebih baik kita datang kepada Dia dan memohon ampun untuk setiap pelanggaran kita, sehingga Ia mengampuni kita. Itu yang perlu kita lakukan Itulah yang akan menyenangkan hati-Nya, membuat-Nya bersuka-cita, tidak berduka dan bangga kepada kita. 7. Spiritualitas tanpa susah payah Hyper-grace . Ada alasan mengapa Injil pertama kali disebut kabar baik. Injil adalah pesan penuh sukacita tentang perdamaian dengan Tuhan tanpa perlu kita upayakan. Saat seseorang menerima kasih karunia dan diselamatkan Tuhan adalah saat dimana orang tersebut memasuki kehidupan yang bahagia, penuh sukacita dan tanpa dosa. Satu-satunya pekerjaan yang perlu kita lakukan adalah percaya. Cukuplah berserah dengan apa yang TELAH diperbuat-Nya. Berserah kepada kesatuan yang ajaib di dalam Kristus, maka kita akan mampu melihat perubahan disetiap aspek kehidupan kita tanpa bersusah payah. Jangan mencoba menjadi rohani atau kudus, Yesus telah menggenapi dan membayar harganya. Ia yang memulai maka Ia juga yang akan menyelesaikan. Yang perlu orang percaya lakukan adalah menerimanya. Tidak ada yang bisa ditambahkan kepada apa yang telah diperbuat-Nya. Jangan menjadi seorang yang legalis. Penjelasan. Jika benar bahwa Injil adalah berita kabar baik yang olehnya orang percaya tidak perlu lagi bersusah payah melakukannya lalu mengapa Tuhan memanggil kita untuk berusaha dan berjuang, bahkan Flp 2:12 berkata: . karena itu tetaplah kerjakan keselamatanmu dengan takut dan gentar . atau ayat 16-nya yang berkata: Sambil berpegang pada firman kehidupan, agar aku dapat bermegah pada hari Kristus, bahwa aku tidak percuma berlomba dan tidak percuma bersusah-susah . Ini membuktikan bahwa kasih karunia memang diberikan dengan cuma-cuma, namun untuk mencapai garis akhir didalam Kristus umat percaya akan berusaha sekuat tenaga untuk mencapainya (Luk 13:24). Berlari kepada-Nya membutuhkan upaya, dan bukankah juga sering ada rintangan yang harus kita atasi saat kita berlari Tuhan datang membawa kelepasan, tapi Ia tidak berjanji bahwa hidup ini akan selalu mudah dan indah. Kita bukanlah anak-anak gampangan (Ibr 12:8). Pengajaran tentang spiritualitas tanpa susah payah sangatlah berbahaya dan menjerumuskan. Ini akan menghasilkan spiritualitas yang tak berfokus, tidak disiplin, pemalas, tidak kudus dan menolak beban-Nya yang hendak ditanggugkan kepada orang-orang percaya untuk menyelesaikan pekerjaan-Nya di akhir jaman. Dengan menerima kasih karunia Tuhan kita memang telah dikuduskan, namun kita harus ingat bahwa kita masih hidup di dalam tubuh daging harus terus disalibkan dengan disiplin dan pertarungan yang tak henti-hentinya (Luk 9:2314:27,33). Rasul Paulus Rasul yang paling diagung-agungkan oleh para pengajar Hyper-grace berkata: Ikutlah menderita sebagai seorang prajurit yang baik dari Kristus Yesus. (II Kor 2:3) Perjalanan kekristenan ternyata membutuh-kan upaya Bagaimana mungkin ada orang yang percaya akan spiritualitas tanpa susah payah Ini adalah konsep Firman Tuhan yang palsu dan berlebihan. Didalam pembenaran, perbuatan manusia sama sekali tidak mempunyai tempat, yang dibutuhkan hanyalah iman kepada Kristus. Tetapi didalam pengudusan, perbuatan kita sangat penting dan Tuhan meminta kita untuk berjuang, berjaga-jaga dan berdoa, berupaya, sesekali mengalami rasa sakit, dan menjadi rekan sekerja-Nya. Bangkitnya kembali ajaran Marsion Marsion dari kota Sinope (85-160 M.) adalah seorang pemimpin gereja mula-mula di kota Sinope, yaitu sebuah kota yang sekarang berada di negara Turki. Salah satu pemikirannya yang banyak memicu perdebatan adalah pemisahan radikal antara Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru. Teologi yang diajarkannya menganggap Allah dalam kitab-kitab orang Ibrani (Perjanjian Lama) lebih rendah tingkatannya daripada Allah dalam kitab Injil (Perjanjian Baru). Oleh karenanya Marsion menolak Hukum Taurat, Perjanjian Lama, dan sebagian ayat dari Perjanjian Baru dan keempat Injil yang berdasarkan atau mengutip dari Hukum Taurat. Hyper-grace . Dari pemikiran-pemikiran para guru-guru hyper-grace . ada kemiripan dengan apa yang Marsion ajarkan. Para guru-guru hyper-grace berpendapat bahwa: Adalah perlu adanya pemisahan antara Hukum Taurat dan Injil, murka dan kasih karunia, perbuatan dan iman, daging dan roh, dosa dan kebenaran, kematian dan hidup, begitu juga Tuhan Perjanjian Lama dan Tuhan Perjanjian Baru. Di dalam Yesus, kita tidak lagi berada di bawah Hukum Taurat, tetapi dibawah kasih karunia (Rom 6:14), itu berarti kita tidak berada di bawah penghukuman Hukum Taurat (Rom 8:1-2), tidak berada di bawah Hukum Taurat sebagai penuntun (Gal 3:23-25), dan tidak lagi dibawah Hukum Taurat sebagai suatu sistem pembenaran (Gal 3:3:23-25). Kasih karunia melakukan apa yang Hukum Taurat tidak bisa lakukan (Rom 8:3-4). Mereka yang memegang Hukum Taurat adalah seorang legalis dan hidup diluar kasih karunia dan memposisikan diri kita berada dibawah kutuk (Gal 3:10). Tidak ada orang yang dibenarkan karena melakukan Hukum Taurat, melainkan karena iman. Penjelasan. Saudara, kita tidak boleh memisahkan antara Perjanjian Lama (yang didalamnya terdapat Hukum Taurat dengan Perjanjian Baru (yang juga banyak mengandung kutipan Perjanjian Lama dan Hukum Taurat). Perjanjian Lama (PL) ditulis oleh nabi-nabi oleh ilham Tuhan sendiri, demikian juga Perjanjian Baru (PB). Baik PL dan PB, kedua-duanya saling melengkapi. PL memang sudah digenapi oleh PB, namun bukan berarti kita bisa menghilangkan PL, sebab PL terkandung pelajaran, sejarah, penelitian tentang banyak tokoh, janji-janji profetik, nubuat, gambaran profetik tentang keselamatan, hikmat, dari kitab Amsal, beberapa Mazmur dan Hukum Taurat yang olehnya kita mengerti betapa kita sangat memerlukan kasih karunia Tuhan. Tentu kita tidak mau kehilangan harta berharga yang telah diberikan Tuhan kepada kita yang terkandung di dalam PL bukan PL adalah PB yang tersembunyi sedangkan PB adalah PL yang disingkapkan. PB adalah penggenapan dari PL, dan PL adalah penuntun hingga kita mendapatkan PB. Jika diperhadapka n dengan kasih karunia Kristus, Hukum Taurat memang sudah tidak berlaku lagi. Tapi dari mana orang percaya bisa mengerti betapa besar dan lebarnya kasih karunia Tuhan Dari Hukum Taurat tentunya. Dari mana kita tahu bahwa Kristus adalah pengenapan dari kasih Allah Dari kisah-kisah janji keselamatan Allah di PL tentunya. Itulah sebabnya mengapa perkataan Kristus banyak mengutip dari Perjanjian Lama dan Hukum Taurat seperti: Sebab jikalau kamu percaya kepada Musa, tentu kamu akan percaya juga kepada-Ku, sebab ia telah menulis tentang Aku. (Yoh 5:47) Mengapa perkataan Kristus mengutip dari Kitab Taurat Musa Karena di dalam Hukum Taurat tersebut ada janji tentang Kristus. Ini membuktikan PL dan PB tidak boleh dipisahkan, mereka saling memperlengkapi. Tapi hal ini juga tidak mengubahkan kepercayaan guru-guru hyper-grace . mereka berpendapat bahwa penggabungan antara Perjanjian Baru dan Lama telah menimbulkan kebingungan di kalangan orang percaya di seluruh dunia. Banyak tulisan di dalam Alkitab SEBELUM Kristus disalibkan menggambarkan Allah itu sebagai pribadi yang kejam, kasar menghancurkan dan menghukum mereka yang tidak mentaati standar-standar moral dari 10 perintah Allah dan hukum-hukum lainnya. Oleh sebabnya para pengajaran Hyper-grace tidak memegang ayat-ayat Alkitab ataupun firman Tuhan yang ditulis SEBELUM Kristus disalib, termasuk tidak memegang Doa Bapa Bami, sebab itu diucapkan Kristus sebelum Ia disalib, itu bukan pesan Kasih karunia Semua perkataan sebelum Kristus disalib adalah ditujukan bagi orang Yahudi, bukan untuk orang percaya. Sungguh keputusan yang sembrono bukan mengabaikan perkataan Kristus baik dalam praktik maupun secara teologis. Kita perlu ingat bahwa satu-satunya Alkitab yang dipakai para pengikut pertama Yesus adalah apa yang sekarang kita sebut Perjanjian Lama. PL adalah Firman Tuhan untuk mereka, sebab PB belum ada waktu itu bahkan belum ditulis, jadi PL-lah pegangan mereka setelah mereka menerima kasih karunia Kristus. Itulah Kitab Suci yang gereja mula-mula miliki, yang mereka kasihi, yang mereka baca saat pertemuan-pertemuan ibadah, dan tidak pernah terpikirkan oleh mereka bahwa itu adalah kitab yang telah digenapi dan tidak perlu lagi mereka baca. Perhatikan fakta berikut ini: Halaman-halaman PB dipenuhi dengan kutipan-kutipan dari kitab-kitab orang Ibrani (PL). Dua per tiga ayat-ayat di PB memuat kutipan kiasan umum dari PL. Lebih dari sepuluh persen PB memuat kutipan kiasan langsung dari PL. Dari sekitar 404 ayat dari kitab Wahyu, 331 ayatnya berasal dari gambaran kitab-kitab orang Ibrani (PL). Semua ini menunjukkan betapa dalamnya kitab-kitab orang Ibrani (PL) terjalin dalam Kitab Suci Perjanjian yang Baru. Bagaimana bisa orang percaya ingin mengabaikan perkataan Tuhan sendiri Bukankah menyangkal Firman-Nya adalah merupakan suatu bentuk penyangkalan terhadap Dia. Sungguh betapa menyedihkan ada sekelompok orang yang dengan sengaja berani mengurangi dan menterjemahkan ulang Alkitab secara radikal demi mendukung doktrin tertentu, namun diatas fondasi yang keliru dan berlebihan seperti pengajaran hyper-grace dibangun. Menghilangkan hukum Taurat dan Perjanjian Lama akan menghaburkan kasih karunia itu sendiri, sebab melalui Taurat-lah kita menyadari kesalahan dan menunjukkan bahwa kita sangat membutuhkan seorang Juruselamat. Pengajaran yang menjerumuskan Pengajaran hyper-grace sungguh menjerumuskan dan meninabobokan umat percaya. Para pengajar Hyper-grace melihat segala sesuatu harus dalam konteks kasih karunia. Mereka begitu cerdik memilih-milih Firman Tuhan untuk menenangkan perasaan bersalah yang mungkin timbul akibat dari ketidak mampuan untuk melakukan Firman Tuhan dan kekudusan. Saat mereka diperhadapkan dengan ayat-ayat tentang pikul salib, menjaga kekudusan, kutuk, penghakiman atau neraka, mereka akan dengan mudah mengatakan bahwa Itu tidak berlaku untuk saya Saya ada di bawah kasih karunia. Ketika pengajaran Yesus mengatakan bahwa Setiap orang yang memandang perempuan serta menginginkannya, sudah berzinah dengan dia di dalam hatinya (Mat 5:28) maka mereka akan memberikan tanggapan, Itu khotbah tentang Hukum Taurat, bukan kasih karunia. Itu hanya untuk orang-orang Yahudi zaman itu dulu. Saya sudah bebas dari dosa Ketika mereka ditunjukkan tentang ayat-ayat yang berhubungan dengan neraka dan penghukuman, maka mereka akan berkata Terima kasih Tuhan saya tidak berada di bawah hukum Taurat dimana Allah begitu kejam, tapi saya berada di bawah kasih karunia dimana Allah begitu mengasihi kita, dengan kasih karunia-Nya Dan begitu seterusnya, sangat memprihatinkan bukan Mereka hanya mempercayai perkataan Yesus yang diucapkan setelah penyaliban saja. Mengapa mereka menolak banyak perkataan Yesus Karena kebetulan ayat-ayat tersebut tidak cocok dengan teologi mereka. Perumpamaan-perumpamaan yang diberikan-Nya menuntut pertanggungjawaban dan perkataan-Nya menuntut pemuridan yang tidak cocok dengan doktrin yang mengatakan bahwa Allah sama sekali tidak meminta apa pun dari Anda. Tetapi ini hanya suatu indikasi dari seberapa jauh orang percaya telah salah memahami kasih karunia dan salah menafsirkan karya salib. Mereka hanya ingin yang enak dari Firman Tuhan dan mengabaikan segala yang tidak enak demi ketenangan batin. Sehingga genaplah seperti apa yang tertulis di Alkitab jauh sebelum kita ada: Karena akan datang waktunya, orang tidak dapat lagi menerima ajaran sehat, tetapi mereka akan mengumpulkan guru-guru menurut kehendaknya untuk memuaskan keinginan telinganya. (II Tim 4:3) Tidak diragukan lagi bahwa pengajaran hyper-grace sangatlah menyesatkan. Guru-guru hyper-grace telah menyampaikan pesan yang telah bercampur dengan banyak pernyataan mereka sendiri yang muncul akibat dari kebutuhan rasa aman mereka yang tidak mau hidup kudus, tidak mau mengakui dosa, tidak mau mengampuni dan tidak mau memikul salib. Kekristenan hyper-grace adalah kekristenan yang menjalani kehidupan dunia dengan bebas namun mengharapkan kehidupan surga mulia di masa depan. Sekalipun Joseph Prince berkata: Beberapa orang berfikir bahwa kasih karunia akan mengkompromikan kekudusan Tuhan. Sama sekali tidak Standar yang ditetapkan oleh kasih karunia jauh lebih tinggi daripada standar hukum Musa. Tapi pengajaran kasih karunia yang menekankan bahwa dosa masa depan orang percaya sudah diampuni kita tidak perlu lagi mengakui dosa kita kepada Tuhan dan Roh Kudus tidak akan pernah menuduh kita akan dosa sangatlah berbahaya Ini adalah pengajaran tidak sehat, gampang, dan tidak butuh pengorbanan yang menyalah-gunakan dan berlindung dibalik kasih karunia Allah yang memang akan digandrungi oleh sebagian anggota gereja Tuhan: Sebab ternyata ada orang tertentu yang telah masuk menyelusup di tengah-tengah kamu, yaitu orang-orang yang telah lama ditentukan untuk dihukum. Mereka adalah orang-orang yang fasik, yang menyalah-gunakan kasih karunia Allah kita untuk melampiaskan hawa nafsu mereka, dan yang menyangkal satu - satunya Penguasa dan Tuhan kita, Yesus Kristus. (Yud 1:4) Sekalipun pengajaran hyper-grace selalu mengagung-agungkan tema kasih karunia Allah terhadap manusia sehingga disebut sebagai pengajaran kasih karunia modern namun sebenarnya pengajaran ini sangat menyimpang dari pesan kasih karunia yang sesungguhnya seperti yang Allah ajarkan melalui Kitab Suci. Bahkan Alkitab ternyata telah menubuatkan bahwa Gereja Tuhan memang akan disusupi oleh orang-orang yang telah lama ditentukan untuk dihukum dengan membawa pengajaran yang disebut Alkitab sebagai menyalahgunakan kasih karunia Allah seperti hyper-grace . Untuk apa Untuk melampiaskan hawa nafsu dan rasa aman mereka dalam menutupi dosa selama hidup di dunia ini. Mereka ingin hidup seperti orang dunia hidup bebas, tanpa dibatasi oleh aturan kolot yang mengikat dan menjadikan kita seperti orang aneh diantara orang-orang tidak seiman namun kelak memiliki jaminan hidup kekal bersama Kristus di surga mulia. Para pengajar kasih karunia dan para pengikutnya menyaksikan bahwa mereka telah mendapatkan suatu pemahaman baru tentang kasih karunia yang mengubah hidup mereka dan mengisi mereka dengan sukacita, damai sejahtera, dan pengharapan. Ini memang masuk akal, sebab mereka telah membuang semua yang tidak enak dari ayat-ayat di Kitab Suci kita dan hanya mengambil semua yang enak ditambah hanya dilihat dari kaca mata kasih karunia Tuhan. Dengan pesan kasih karunia yang telah diselewengkan maka orang percaya akan: A man mengabaikan panggilan-Nya untuk menyangkal diri dan memikul salib kita setiap hari. Aman mengabaikan-Nya ketika Ia mengatakan bahwa kita adalah garam dan terang dunia. Aman mengabaikan undangan-Nya untuk meninggalkan segala sesuatu untuk mengikuti-Nya. Aman mengabaikan segala peringatan di dalam perumpamaan yang diberikan-Nya, karena segala perumpamaan dikatakan-Nya sebelum Ia disalibkan. Aman mengabaikan pengajaran-Nya bahwa akan ada upah masa depan berdasarkan ketaatan kita, karena kasih karunia tidak mengenal hukum timbal balik, kita tidak menerima upah karena kita taat, semuanya telah diberikan Tuhan secara cuma-cuma berdasarkan kasih karunia. Aman mengabaikan standar kekudusan. Aman mengabaikan peringatan-Nya tentang keserakahan dan materialisme. Aman mengabaikan kata-kata-Nya yang mendesak tentang akhir zaman, penghakiman, neraka dan penghukuman masa depan. Sebab penghakiman bukan ditujukan bagi orang percaya, tetapi bagi dunia ini, orang percaya sudah benar dalam pandangan Allah. Aman mengabaikan perintah-perintah-Nya untuk mengampuni orang lain. Biblical-Grace Kita sudah cukup berpokus pada kasih karunia overdosis ( hyper-grace ), kini saatnya kita mengarahkan fokus pada kasih karunia yang sesuai dengan Alkitab (biblical-grace). Jangan berhenti mempercayai dan memberitakan pesan kasih karunia hanya karena pesan kasih karunia yang sejati telah dilebih-lebihkan dan diselewengkan. Kasih karunia Allah adalah anugerah terbesar yang oleh karenanya manusia diselamatkan. Itu sebabnya mengapa begitu penting agar kita berpegang pada kasih karunia yang akitabiah saja (biblical-grace), jangan dikurang-kurangi sehingga kita menjadi legalis, atau dilebih-lebihkan sehingga kita menjadi hyper-grace . Biblical-grace adalah kasih karunia Allah yang murni yang oleh karenanya manusia diselamatkan (Yoh 3:16), yang merupakan kebenaran yang mulia, dan penuh kuasa. Dan sekarang, didalam Dia, kita memiliki segala pengampunan dosa melalui kasih karunia Allah Bapa yang mengaruniakan Anak-Nya yang Tunggal sebagai korban keselamatan melalui darah-Nya yang mahal untuk seluruh umat manusia yang mau percaya kepada-Nya. Sekarang kita tidak perlu lagi mencari-cari korban persembahan lain untuk dosa dan kesalahan kita. Ketika kita jatuh lagi, kita perlu memandang kembali kepada salib, dan darah yang sudah menyelamatkan kita akan menyegarkan kita kembali, sehingga kita bisa melangkah maju, dan terbebas dari kutukan dan kesalahan, dan menjalani hidup yang menyenangkan Tuhan. Kita adalah ciptaan baru yang telah mati bersama dosa dan hidup untuk Allah (Rom 6:6-12). Dan ketika Yesus naik ke sebelah kanan Bapa, Ia mengutus Roh Kudus untuk tinggal di dalam kita, membimbing, mengingatkan kita akan kesalahan, memimpin kita kepada kebenaran dan kehidupan yang saleh, bersekutu dengan kita dalam persekutuan yang kudus dan memberdayakan kita untuk pelayanan kudus. Ini adalah kasih karunia Allah yang lengkap dan menyeluruh. Kita akan menerima seluruh janji Allah di dalan Yesus Kristus, asal kita bertekun dalam iman, tetap teguh dan tidak tergoncang, dan tidak mau digeser dari pengharapan Injil yang benar. Oleh Injil itu kamu diselamatkan, asal kamu teguh berpegang padanya, seperti yang telah kuberitakan kepadamu kecuali kalau kamu telah sia-sia saja menjadi percaya. (I Kor 15:2) Amin, Tuhan Yesus memberkati (VS.) Sumber . - Michael L. Brown, PhD Hyper-grace, Kasih Karunia Overdosis (2015) Nafiri Gabriel.

No comments:

Post a Comment